LKS
SMK: Memperbaiki CD Player
Tujuan : Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan, membersihkan CD,
optical pickup, serta melumasi mekanik.
Materi pokok : Memeriksa, membersihkan, mengganti keping CD, optical
pickup,
mekanik, dan hard sled.
Alat dan bahan : CD Player, Pelumas,
Pinset, Obeng, Keping CD, dan kain lembut
Prosedur praktikum :
Berikan tanda ceklist setelah melakukan langkah kegiatan!
No
|
Langkah kegiatan
|
Ceklist
|
1
|
Menyiapkan alat dan bahan:
a.
CD Player
b.
Obeng
c.
Keping CD
d.
CD Cleaner
e.
Pelumas elektronik
atau pelumas mesin jahit
f.
Pinset
g.
Kain lembut
atau kain pembersih kacamata
|
.....
.....
.....
.....
.....
.....
.....
|
2
|
Membersihkan keping CD:
1.
Usap keping
CD dengan kain lembut satu arah keluar, jangan melingkar atau bolak-balik.
2.
Jika noda membandel,
boleh dengan sedikit tenaga.
3.
Jika masih
sulit hilang, gunakan CD Cleaner, lalu usap dengan kain lembut sampai kering.
|
.....
.....
.....
|
3
|
Membersihkan lensa objektif, turning mirror:
a.
Buka optical
pickup
b.
Bersihkan
lensa objektif: tiup dengan lembut, gunakan alkohol untuk membersihkan, usap
dengan kain lembut.
c.
Bersihkan
turning mirror: prosedur sama dengan membersihkan lensa objektif.
|
.....
.....
.....
|
4
|
Memeriksa dan membersihkan mekanik:
a.
Buka mekanik
b.
Periksa
sabuk karet (harus cukup ketat dan
harus kembali ke panjang aslinya
langsung jika dibentangkan kurang lebih sekitar 25% dari panjang aslinya)
c.
Jika tidak,
ganti sabuk karet tersebut.
d.
Periksa gigi
dan bantalan motor.
e.
Bersihkan
dan lumasi dengan pelumas elektronik atau pelumas mesin jahit.
|
.....
.....
.....
.....
.....
|
5
|
Memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen hard
sled:
a.
Memeriksa
komponen yang bergerak seperti sabuk karet, gigi roda, dan bantalan slide.
b.
Bersihkan
komponen tersebut. Gunakan tusuk gigi atau pinset untuk membersihkan sela
gigi.
c.
Jika perlu
perbaiki atau ganti dengan yang sesuai.
|
.....
.....
.....
|
Kunci LKS
SMK: Memperbaiki CD Player
Tujuan : Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan, membersihkan CD,
optical pickup, serta melumasi mekanik.
Materi pokok : Memeriksa, membersihkan, mengganti keping CD, optical
pickup,
mekanik, dan hard sled.
Alat dan bahan : CD Player, Pelumas,
Pinset, Obeng, Keping CD, dan kain lembut
Prosedur praktikum :
No
|
Langkah kegiatan
|
Ceklist
|
1
|
Menyiapkan alat dan bahan:
a.
CD Player
b.
Obeng
c.
Keping CD
d.
CD Cleaner
e.
Pelumas
elektronik atau pelumas mesin jahit
f.
Pinset
g.
Kain lembut
atau kain pembersih kacamata
|
√
√
√
√
√
√
√
|
2
|
Membersihkan keping CD:
a.
Usap keping
CD dengan kain lembut satu arah keluar, jangan melingkar atau bolak-balik.
b.
Jika noda
membandel, boleh dengan sedikit tenaga.
c.
Jika masih
sulit hilang, gunakan CD Cleaner, lalu usap dengan kain lembut sampai kering.
|
√
√
√
|
3
|
Membersihkan lensa objektif, turning mirror:
a.
Buka optical
pickup
b.
Bersihkan
lensa objektif: tiup dengan lembut, gunakan alkohol untuk membersihkan, usap
dengan kain lembut.
c.
Bersihkan
turning mirror: prosedur sama dengan membersihkan lensa objektif.
|
√
√
√
|
4
|
Memeriksa dan membersihkan mekanik:
a.
Buka mekanik
b.
Periksa
sabuk karet (harus cukup ketat dan
harus kembali ke panjang aslinya
langsung jika dibentangkan kurang lebih sekitar 25% dari panjang aslinya)
c.
Jika tidak,
ganti sabuk karet tersebut.
d.
Periksa gigi
dan bantalan motor.
e.
Bersihkan
dan lumasi dengan pelumas elektronik atau pelumas mesin jahit.
|
√
√
√
√
√
|
5
|
Memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen hard
sled:
a.
Memeriksa
komponen yang bergerak seperti sabuk karet, gigi roda, dan bantalan slide.
b.
Bersihkan
komponen tersebut. Gunakan tusuk gigi atau pinset untuk membersihkan sela
gigi.
c.
Jika perlu
perbaiki atau ganti dengan yang sesuai.
|
√
√
√
|
Tabel
Spesifikasi Lembar Penilaian
Indikator
|
LP dan
Butir Soal
|
Kunci
LP dan
Butir
Soal
|
Produk :
1.
Menjelaskan
tentang petunjuk penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive
maintenance dan fungsi CD pembersih dan cara menggunakannya.
2.
Menjelaskan
klasifikasi masalah pada CD player menyebutkan masalah-masalah yang umum
terjadi pada CD player.
3.
Menjelaskan
tentang cara mengatasi gejala gejala
umum, misalnya: mati total, no
disc dan open/close
4.
Menjelaskan
tentang cara mengatasi masalah tracking.
|
LP 1 : Produk
Butir 1, 2, dan 3
LP 1 : Produk
Butir 4
LP 1 : Produk
Butir 5
LP 1: Produk
Butir 6
|
Kunci LP 1 : Produk
Butir 1, 2, dan 3
Kunci LP 1 : Produk
Butir 4
Kunci LP 1 : Produk
Butir 5
Kunci LP 1: Produk
Butir 6
|
Proses
:
1.
Membersihkan
CD menggunakan CD Cleaner.
2.
Membuka
optical pickup dan mekanik serta menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk
membersihkan modul optik, mekanik.
3.
Membersihkan
dan memeriksa bagian dalam dari modul optik (lensa objektif, turning mirror,
dan lensa suspensi), dan melumasi bagian mekanik (mekanik dan hard sled).
|
LP 2 : Proses
RTK 2
LP 2 : Proses
RTK 1 dan 3
LP 2 : Proses
RTK 4 dan 5
|
Dipercayakan kepada
judgement Penilai/Guru
|
Psikomotor:
1.
Melakukan
perbaikan untuk masalah mati total, no disc, dan open/close.
2.
Melakukan
perbaikan untuk masalah prosespencarian terlalu lama dan skipping.
|
LP 3 : Psikomotor
RTK 1
LP 3 :
Psikomotor
RTK 2
|
Dipercayakan kepada
judgement Penilai/Guru
|
Karakter:
1.
Jujur,
peduli, tanggungjawab, terbuka, mengerjakan tugas yang diberikan guru.
|
LP 4 Karakter: RTK 1, 2, 3, 4, dan 5
|
Dipercayakan
kepada judgement Penilai/Guru
|
Keterampilan sosial :
1.
Bertanya,
berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, argumen atau
pendapat
|
LP
5 Keterampilan Sosial: RTK 1, 2, 3, dan 4
|
Dipercayakan
kepada judgement Penilai/Guru
|
LP 1: Produk
Petunjuk:
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan tentang
penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Apakah fungsi CD
pembersih?
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Jelaskan
langkah-langkah membersihkan keping CD!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi masalah yang umum terjadi pada CD player.
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5.
Sebutkan minimal 5
komponen penyebab umum pada pelacakan pada CD Player!
Jawab:
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6.
Jelaskan tentang
cara mengatasi masalah tracking!
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Kunci LP1:
Produk
Petunjuk:
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan tentang
penempatan CD Player secara umum untuk tujuan preventive maintenance!
Jawab:
a.
Cari lokasi yang sejuk
untuk menempatkan CD player. Menjaga dingin akan mengurangi keausan pada
komponen internal dan menjamin life time.
b.
Jangan tempatkan CD
Player pada lokasi yang berdebu atau daerah beruap minyak tinggi.
c.
Pastikan semua koneksi
audio dalam keadaan baik dan aman untuk meminimalkan noise suond.
d.
Menghindarkan keping CD
dari panas, tampatkan kewadah pelindung ketika keping CD tidak sedang dimainkan.
2.
Apakah fungsi CD
pembersih?
Jawab:
CD pembersih atau
CD Cleaner berfungsi membersihkan keping CD dari debu atau kotoran menggunakan
kain lembut atau tisu dengan cara digosok.
3.
Jelaskan
langkah-langkah membersihkan keping CD!
Jawab:
a.
Usap keping CD
dengan kain lembut satu arah keluar, jangan melingkar atau bolak-balik.
b.
Jika noda
membandel, boleh dengan sedikit tenaga.
c.
Jika masih
sulit hilang, gunakan CD Cleaner, lalu usap dengan kain lembut sampai kering.
4.
Sebutkan dan
jelaskan klasifikasi masalah yang umum terjadi pada CD player.
Jawab:
a. Kerusakan keras antara lain: mekanik pembukaan/penutupan CD bermasalah, disk tidak
terdeteksi, tidak ada suara, mati total.
b. Kerusakan lunak antara lain: terjadi skipping,
kebisingan pada audio secara kontinyu atau berulang, pencarian track
bermasalah, CD bermain secara acak.
5.
Sebutkan minimal 5 komponen
penyebab umum pada pelacakan pada CD Player!
Jawab:
a. Optik kotor : lensa, prisma, atau pembalik cermin.
b. Sabuk karet : usang, berminyak, lembek, atau melar.
c. Mekanik lengket : kotoran,
kering/kekurangan pelumas, pasir, dll
d. Bagian yang terbuat dari plastik rusak : gigi gear, bracket, atau bantalan.
e. Penyesuaian servo elektronik : fokus, pelacakan, atau PLL.
f. Switch : aus atau kotor.
g. Buruknya koneksi : solderan, konektor, atau retak pada kabel flex.
h. Motor : korsleting
atau spot mati atau pada mekanis (bantalan kering/aus).
i.
Laser : mati/lemah, daya pada laser dioda atau drive laser
bermasalah.
j.
Photodiode array : bagian ruas buruk, lemah, atau korsleting.
k. Komponen elektronik sensistive dan panas.
l.
Buruk atau hilangnya ground pada optical pickup
6.
Jelaskan tentang
cara mengatasi masalah tracking!
Jawab:
a.
Pertama, gunakan CD
yang berbeda untuk memastikan CD yang pertama tidak rusak. Atau, coba lokasi
trek yang berbeda pada CD yang sama.
b.
Mungkin lensa kotor.
Kalau kotor bersihkan.
c.
Adjust trek, dengan
cara, play CD pada trek yang terdengar paling buruk lalu masukkan ke dalam
modus repeat atau berulang, lalu gunakan cara apapun supaya CD
dapat bekerja.
d.
Kemungkinan tombol
macet, gunakan remote control untuk play CD. Jika CD bermain normal kemungkinan
tombol macet atau kotor. Hal ini mungkin memerlukan pembongkaran dan
pembersihan atau penggantian saklar push button yang rusak.
e.
Kemungkinan motor
bingkai mekanik atau logika IC driver bermasalah
LP 2: Proses
Asessment
ranah proses
Petunjuk!
Skor
perolehan diisi dengan mengacu pada skor rubrik asessment proses.
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor maksimum
|
Skor perolehan
|
|
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
5
|
|
|
2
|
Membersihkan keping CD
|
10
|
|
|
3
|
Membersihkan lensa objektif, turning mirror
|
20
|
|
|
4
|
Memeriksa dan membersihkan mekanik
|
30
|
|
|
5
|
Memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen hard
sled
|
35
|
|
|
Skor Total
|
100
|
|
Skor rubrik
asessment proses
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Deskriptor Skor
|
|
Kriteria
|
Skor
|
||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan
|
Menyiapkan alat dan bahan < 50% yang dibutuhkan
dengan benar.
|
1
|
Menyiapkan alat dan bahan < 70% yang dibutuhkan
dengan benar.
|
3
|
||
Menyiapkan alat dan bahan < 100% yang dibutuhkan
dengan benar.
|
4
|
||
Menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan dengan
benar.
|
5
|
||
2
|
Membersihkan keping CD
|
Tidak membersihkan keping CD
|
1
|
Mengusap keping CD dengan kain dengan benar.
|
5
|
||
Membersihkan menggunakan CD cleaner dengan benar.
|
5
|
||
Mengusap dengan kain, jika masih sulit hilang
menggunakan CD cleaner dengan benar.
|
10
|
||
3
|
Membersihkan lensa objektif, turning mirror
|
Hanya dapat membuka optical pickup dengan benar.
|
5
|
Membersihkan lensa objektif dengan benar
|
10
|
||
Membersihkan turning mirror dengan benar
|
10
|
||
Membersihkan lensa objektif dan turning mirror.
|
20
|
||
4
|
Memeriksa dan membersihkan mekanik
|
Hanya dapat membuka mekanik dengan benar.
|
10
|
Memeriksa sabuk karet dan menggantinya jika perlu
dengan benar.
|
20
|
||
Memeriksa sabuk karet dan bantalan motor serta
menggantinya jika perlu dengan benar.
|
25
|
||
Memeriksa sabuk karet dan bantalan motor, menggantinya
jika perlu dan melumasi mekanik dengan benar.
|
30
|
||
5
|
Memeriksa, membersihkan, dan mengganti komponen hard
sled
|
Memeriksa dan membersihkan sabuk karet jika perlu
dengan benar.
|
20
|
Memeriksa dan membersihkan sabuk karet dan gigi roda
jika perlu dengan benar.
|
25
|
||
Memeriksa dan membersihkan sabuk karet, gigi roda serta
bantalan slide jika perlu dengan benar.
|
30
|
||
Memeriksa, membersihkan, serta mengganti sabuk karet, gigi
roda, serta bantalan slide jika perlu dengan benar.
|
35
|
LP 3:
Psikomotor
Langkah kegiatan:
1.
Melakukan perbaikan
untuk masalah mati total, no disc, dan open/close.
2.
Melakukan perbaikan
untuk masalah prosespencarian terlalu lama dan skipping.
Asessment ranah psikomotor
Petunjuk!
Skor perolehan diisi dengan mengacu pada skor rubrik asessment psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor maksimum
|
Skor perolehan
|
1
|
Melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc,
dan open/close.
|
60
|
|
2
|
Melakukan perbaikan untuk masalah proses pencarian
terlalu lama dan skipping.
|
40
|
|
Skor Total
|
100
|
|
Skor rubrik
asessment psikomotor
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Deskriptor Skor
|
|
Kriteria
|
Skor
|
||
1
|
Melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no disc,
dan open/close.
|
Hanya dapat melakukan satu perbaikan yaitu pada masalah mati total, no disc, atau
open/close saja.
|
25
|
Hanya dapat melakukan dua perbaikan yaitu pada masalah
mati total dan no disc, mati total dan open/close atau no disc dan open close
saja.
|
40
|
||
Dapat melakukan perbaikan untuk masalah mati total, no
disc, dan open/close
|
60
|
||
2
|
Melakukan perbaikan untuk masalah proses pencarian
terlalu lama dan skipping.
|
Hanya dapat melakukan satu perbaikan yaitu perbaikan
untuk masalah proses pencarian terlalu lama atau skipping saja
|
20
|
Dapat melakukan perbaikan untuk masalah proses
pencarian terlalau lama dan skipping.
|
40
|
LP 4: Karakter
Petunjuk:
1.
Untuk setiap perilaku
berkarakter berikut ini, beri penilaian dengan
memberikan tanda ceklist pada kolom yang disediakan atas
perilaku berkarakter siswa.
2.
Pengisisan kolom
hasil pengamatan mengacu pada rubrik pengamatan perilaku berkarakter
No
|
Rincian
Tugas Kinerja
|
Hasil
pengamatan
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||
1
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
Peduli
|
|
|
|
|
3
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
4
|
Terbuka dan
mendengarkan pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Mengerjakan tugas yang diberikan guru
|
|
|
|
|
Rubrik Pengamatan Perilaku Berkarakter
No
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Rubrik
|
1
|
Jujur
|
A: sangat jujur
B: jujur
C: cukup jujur
D: kurang jujur
|
2
|
Peduli
|
A: sangat peduli
B: peduli
C: cukup peduli
D: kurang peduli
|
3
|
Tanggung
jawab
|
A: sangat bertanggung jawab
B: bertanggung jawab
C: cukup bertanggung jawab
D: kurang bertanggung jawab
|
4
|
Terbuka dan mendengarkan pendapat
teman
|
A: Sangat terbuka dan mendengarkan
pendapat teman
B: Terbuka
dan mendengarkan pendapat teman
C: Cukup terbuka dan
mendengarkan pendapat teman
D: Kurang terbuka dan
mendengarkan pendapat teman
|
5
|
Mengerjakan tugas
yang diberikan guru
|
A: Selalu mengerjakan tugas yang
diberikan guru dengan benar.
B: Selalu mengerjakan tugas yang
diberikan guru.
C: Kurang mengerjakan tugas yang
diberikan guru.
D: Tidak pernah mengerjakan tugas yang
diberikan guru.
|
LP 5:
Keterampilan Sosial
Petunjuk:
1.
Untuk setiap
keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian dengan memberikan tanda ceklist pada kolom yang disediakan
atas keterampilan sosial siswa.
2.
Pengisisan kolom
hasil pengamatan mengacu pada rubrik pengamatan keterampilan sosial
No
|
Rincian
Tugas Kinerja
|
Hasil
pengamatan
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||
1
|
Bertanya
|
|
|
|
|
2
|
berkomunikasi
|
|
|
|
|
3
|
menjadi pendengar yang baik
|
|
|
|
|
4
|
menyumbang ide, argumen atau pendapat
|
|
|
|
|
Rubrik Pengamatan Keterampilan Sosial
No
|
Rincian Tugas Kinerja yang diamati
|
Rubrik
|
1.
|
Bertanya
|
A: selalu bertanya
B: sering bertanya
C: jarang bertanya
D: tidak pernah bertanya
|
2.
|
Komunikasi
|
A: selalu berkomunikasi
B: sering komunikasi
C: jarang berkomunikasi
D: tidak pernah berkomunikasi
|
3.
|
Menjadi
pendengar yang baik
|
A: sangat antusias mendengarkan
B: antusias mendengarkan
C: cukup antusias mendengarkan
D: kurang antusias mendengarkan
|
4.
|
Menyumbang ide,
argumen atau pendapat
|
A: Sangat aktif dalam menyumbang ide,
argumen atau pendapat.
B: Aktif dalam menyumbang ide, argumen
atau pendapat.
C: Cukup dalam menyumbang ide, argumen
atau pendapat.
D: Kurang dalam menyumbang ide,
argumen atau pendapat.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar